Marketing

15 Alternatif Zoho Terbaik untuk Pilihan CRM yang Lebih Baik

Temukan 15 alternatif Zoho dan pilih yang sesuai dengan kebutuhan proyek dan anggaran bisnis Anda. Tinjau kelebihan dan kekurangan masing-masing alat.

2024-09-03T11:04:01

Image

Rista Fathika

Copywriter




Image

Memilih platform CRM yang tepat adalah langkah penting dalam meningkatkan kinerja bisnis agar lebih produktif dan efisien. Pasalnya, Anda akan menggunakannya untuk membantu otomasi tugas, mengumpulkan dan tracking data secara terpusat, serta tentunya meningkatkan produktivitas bisnis. 

Saat ini, ada banyak sekali opsi CRM yang tersedia di pasar. Salah satu yang cukup terkenal adalah Zoho CRM. Zoho CRM adalah CRM software dari India yang umumnya bisa digunakan untuk bisnis dari berbagai macam skala, mulai dari bisnis usaha menengah, B2C, hingga bisnis model B2B. Tentunya, popularitasnya tidak tanpa alasan. 

Zoho CRM memiliki fitur lengkap mulai dari fitur analitik, integrasi dengan omnichannel, manajemen penjualan, hingga dilengkapi dengan fitur AI yang dapat membantu Anda mengelola data CRM. 

Meskipun begitu, dengan beberapa pertimbangan, beberapa bisnis memilih untuk mencari alternative Zoho atau Zoho alternatives free sebagai software CRM. Hal ini tentu tidak salah karena tiap bisnis owner pasti memiliki pertimbangannya masing-masing.

Nah, jika Anda adalah salah satunya, berikut ini ada beberapa opsi Zoho alternative yang bisa dipilih sebagai pertimbangan. Yuk, simak!

Fitur Apa yang Harus Dicari dalam Alternatif Zoho?

Sebelum memilih alternative Zoho, salah satu hal penting yang perlu dipertimbangkan adalah key features yang perlu dicari dalam alternatif Zoho. 

Seperti dalam pembahasan di paragraf sebelumnya, Sebagai CRM, Zoho CRM memiliki fitur yang cukup lengkap. 

Sebagai perbandingan, sebelum mencari Zoho alternatives, Anda perlu tahu terlebih dahulu secara detail apa saja fitur-fitur yang ditawarkan pada Zoho CRM: 

  • Otomatisasi Tenaga Penjualan
  • Manajemen Proses
  • Drag and drop Canvas (interface yang bisa adjustable diubah sesuai dengan kebutuhan)
  • Pengelolaan Customer Journey
  • Integrasi dengan Omnichannel
  • Fitur analitik
  • Asisten AI untuk prediksi potensi pendapatan serta dilengkapi dengan fitur gamifikasi.
  • Otomatisasi pemasaran
  • Tersedia versi mobile

15 Alternatif Terbaik untuk Zoho di Tahun 2024

Nah, setelah mengetahui apa saja fitur-fitur yang sebaiknya ada dalam alternative Zoho, kami sudah merangkum beberapa Zoho CRM alternative terbaik di tahun 2024 untuk Anda, di antaranya:

1. HubSpot

alternative zoho: hubspot

Pada artikel sebelumnya, kami sempat membahas seputar alternatif Hubspot CRM, salah satunya kami merekomendasikan Zoho CRM sebagai alternatif. 

Di postingan kali ini, kami juga akan merekomendasikan HubSpot sebagai salah satu best Zoho alternative yang patut dipertimbangkan, jika Anda membutuhkan fitur yang lebih lengkap untuk kebutuhan bisnis yang lebih besar dan kompleks.

Menurut zapier.com, HubSpot adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang mencari software CRM yang komprehensif dengan fitur lengkap untuk keseluruhan aspek interaksi pelanggan dengan perusahaan. 

Sedangkan Zoho CRM lebih cocok bagi bisnis yang mencari atau menggunakan fitur-fitur untuk project management.

Meskipun begitu, Zoho CRM dan HubSpot sama-sama memiliki kesamaan pada beberapa hal, yaitu: 

  • Zoho CRM dan HubSpot sama-sama menawarkan fitur percobaan gratis atau free trial 
  • Keduanya sama-sama menawarkan fitur CRM mulai dari membangun workflow, memelihara prospek, membuat laporan, mengatur tugas, melacak interaksi pelanggan, dan menerapkan otomatisasi.
  • Sama-sama memiliki kemampuan untuk mengimpor data dari CRM atau database lainnya.
  • Zoho CRM dan HubSpot juga sama-sama memiliki fitur AI untuk membantu tugas-tugas seperti analisis tren, peringkasan email, dan perkiraan prediktif.

Baca Juga: 10 Alternatif HubSpot Terbaik Untuk CRM dan Marketing 2024

2. NetSuite

alternative zoho: netsuite crm

Jika Anda mencari alternatif Zoho yang berfokus pada fitur-fitur manajemen keuangan, mungkin NetSuite bisa jadi salah satu opsi yang patut dicoba. 

Dari sisi kesamaan Zoho dan NetSuite merupakan software yang sama-sama memiliki key features CRM, project management, dan manajemen keuangan. 

Zoho dan NetSuite juga sama-sama software yang berbasis cloud, sehingga memberikan fleksibilitas dan aksesibilitas lebih luas bagi pengguna. 

3. Salesforce

alternative zoho: salesforce

Salesforce bisa menjadi salah satu alternatif Zoho yang recommended jika Anda mencari CRM software dengan kemampuan mengolah dataset dalam jumlah besar. 

Selain itu, salah satu fitur Salesforce yaitu Salesforce App Cloud, memungkinkan Anda membuat aplikasi CRM khusus. Software ini juga memiliki kemampuan hingga 3.000+ integrasi, mendukung seluruh proses CRM dan mempunyai dasbor yang mudah dinavigasi.

Lantas bagaimana dengan perbedaan lainnya? Untuk harga, Jika dibandingkan dengan Zoho, Salesforce mungkin memiliki harga yang lebih “premium”.  

Tidak hanya itu, jika Anda ingin software CRM yang lebih fokus untuk customer relationship management, maka Salesforce adalah pilihan yang lebih pas. 

Baca Juga: 10 Alternatif Salesforce Terbaik untuk Digunakan di 2024

4. Scoro

alternative zoho: scoro crm

Jika Anda mencari alternatif Zoho dengan model interface “project-based” seperti gambar di atas, maka Scoro mungkin salah satu jawabannya. Scoro adalah software CRM yang menggabungkan manajemen proyek, penjualan, dan keuangan dalam satu platform. 

Hampir mirip seperti Zoho bukan? 

Selain itu, menurut Clickup.com, salah satu kelebihan lain dari Scoro adalah memiliki fitur customer relationship management yang cukup komprehensif tentang masing-masing pelanggan, mulai dari detail kontak, riwayat komunikasi, dan informasi tagihan. 

Sayangnya, harga Scoro cenderung lebih mahal dibandingkan Zoho, mengingat fitur-fitur advanced yang mereka miliki. 

Meskipun begitu, jika Anda mencari software Zoho alternative free, Anda masih bisa mencoba free plan dari Scoro selama 14 hari sebagai masa percobaan. 

5. Pipeliner CRM

alternative zoho: pipeliner crm

Alternatif Zoho selanjutnya adalah Pipeliner CRM. Berbeda dengan daftar sebelumnya, Pipeliner CRM adalah alternatif Zoho yang lebih berfokus pada manajemen sales/penjualan. 

Tools yang dimiliki membantu tim Anda untuk memastikan penanganan leads menjadi lebih efisien di seluruh pipeline penjualan. Selain itu, tools satu ini juga mudah untuk dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan bisnis dan mudah diintegrasikan dengan tools lainnya. 

6. QuickBooks

alternative zoho: quickbooks

Jika Anda mencari alternatif Zoho yang berfokus pada fitur accounting, maka QuickBooks adalah jawabannya. Selain itu, baik Zoho maupun QuickBooks, mereka sama-sama bisa diintegrasikan dengan aplikasi bisnis lainnya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Untuk tingkatan harga pun, keduanya juga menawarkan beberapa pricing plan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dengan berbagai ukuran dan kebutuhan.

Meskipun begitu, ada beberapa perbedaan juga antara Zoho dengan QuickBooks. Pertama, Zoho memiliki cakupan tools yang lebih luas, mulai dari CRM hingga pemasaran. Sedangkan Quickbooks lebih berfokus pada akuntansi. 

Kemudian, dari sisi kustomisasi, Zoho memang menawarkan opsi kustomisasi yang lebih banyak dibandingkan dengan QuickBooks. Tapi, untuk pilihan harga yang diberikan, QuickBooks mungkin lebih cocok untuk bisnis menengah yang lebih berfokus pada akuntansi. 

7. Oracle Sales

alternative zoho: oracle sales

Rekomendasi Zoho CRM alternative selanjutnya adalah Oracle Sales. Sedikit informasi, Oracle Suite adalah versi premium dari Netsuite. 

Jika Netsuite cocok untuk bisnis kecil dan menengah, Oracle Suite lebih cocok digunakan untuk bisnis dengan skala lebih besar. Cakupan tools Oracle Suite adalah pada bidang project management dan CRM. Jika dibandingkan dengan Zoho, memang Zoho memiliki cakupan tools yang lebih komprehensif, mulai dari marketing, keuangan, and HR.

Meskipun begitu, dua-duanya juga bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan dan workflow bisnis dan memiliki fitur integrasi dengan platform lainnya. Jadi, tetap cocok dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif Zoho.  

8. ClickUp

alternative zoho: clickup

Rekomendasi alternatif Zoho lainnya yang berfokus pada project manajemen adalah ClickUp. Sama seperti Zoho, ClickUp juga menawarkan key features seperti project management, task management, dan kemudahan kolaborasi tim.

Selain itu, kedua platform di atas juga memungkinkan kustomisasi dan integrasi sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Sedangkan dari sisi perbedaannya, ClickUp dianggap memiliki interface yang lebih user-friendly dan adjustable dibanding Zoho. Selain itu, untuk Harga, ClickUp juga lebih affordable dibanding Zoho untuk bisnis menengah.

9. Sage

alternative zoho: sage

Alternatif Zoho lainnya adalah Sage CRM yang juga menawarkan fitur-fitur inti CRM seperti contact management, prospect generation hingga manajemen pipeline penjualan. Sage CRM bisa dijadikan alternatif Zoho karena memiliki beberapa kesamaan seperti kemampuan integrasi dan kemampuan kustomisasi software sesuai dengan kebutuhan bisnis. 

Soal perbedaannya, meskipun keduanya menawarkan key features CRM yang serupa, tapi Zoho mungkin memiliki fitur yang lebih mendalam di area tertentu, seperti otomatisasi pemasaran atau dukungan pelanggan.

10. Keap

alternative zoho: keap

Sebelumnya dikenal sebagai Infusionsoft, Keap adalah CRM software yang mengkhususkan fiturnya pada otomatisasi. 

Umumnya, Keap digunakan oleh bisnis kecil menengah untuk mengatur kontak, meningkatkan komunikasi pelanggan, dan meningkatkan produktivitas penjualan.

Beberapa fitur terbaik yang Keap miliki adalah kemampuan untuk menyimpan ribuan kontak pelanggan, fitur otomatisasi untuk menyederhanakan penjualan dan pemasaran Anda, dan kemampuan e-commerce dan pemrosesan pembayaran dalam satu tempat. 

Meskipun begitu, Keap memiliki beberapa keterbatasan seperti batasan dalam integrasi dengan beberapa platform eksternal.

11. Smartsheet

alternative zoho: smartsheet

Alternatif Zoho CRM yang selanjutnya adalah Smartsheet. Smartsheet adalah software CRM  yang sangat ideal untuk bisnis berbasis service dengan kebutuhan tools project management yang fleksibel dan dilengkapi dengan fungsi perencanaan, kolaborasi, dan penjadwalan. 

Dengan fitur yang dimiliki software CRM satu ini sangat membantu bisnis untuk bekerja dengan tim secara kolaboratif dan otomatisasi pekerjaan sehingga bisnis bisa berjalan lebih efisien. 

Beberapa key features dari Smartsheet yang bisa Anda pertimbangkan adalah integrasinya yang kuat dengan tools bisnis lainnya seperti Google Workspace, Microsoft 365, dan Slack.

Selain itu, dashboard nya pun cukup user friendly. Tidak lupa juga dilengkapi dengan notifikasi, reminder dan pembaruan status otomatis untuk menjaga pihak terkait tetap terinformasi.

12. Airtable

alternative zoho: airtable

Airtable adalah software project management  dan kolaborasi berbasis cloud yang menyediakan interface spreadsheet yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Navigasinya yang berbentuk grid, galeri dan formulir membuat user pemula pun mudah mengoperasikannya.

Beberapa fitur terbaik Airtable adalah fitur kolaborasi yang mempermudah tim untuk mengomentari produk, tugas, atau karyawan tertentu serta berbagi tampilan dan basis data. 

Tidak hanya itu, Airtable juga memiliki fitur advance untuk penyaringan, pengurutan, dan pengelompokan tugas/project sehingga lebih fleksibel dalam menyesuaikan tampilan atau workflow

Tapi salah satu kelemahannya adalah software ini cenderung tidak direkomendasikan untuk pengelolaan data besar. .

13. Basecamp

alternative zoho: basecamp

Masih di kelompok project management, Basecamp adalah salah satu rekomendasi alternatif Zoho yang bisa Anda coba. Basecamp merupakan software yang dikenal dengan interface yang sederhana dan kemudahannya dalam kolaborasi antar tim.

Hal ini memang cukup berbeda dengan Zoho yang memiliki tools lebih komprehensif dan kompleks, mulai dari project management, CRM, HR, dan lainnya.

Jika Anda mencari alternatif Zoho yang berfokus pada fitur project management, maka Basecamp bisa jadi pilihan yang tepat. 

Soal harga, kedua platform ini memiliki pricing plan yang bisa disesuaikan sesuai dengan skala tim dan budget bisnis Anda.

14. Freshsales

alternative zoho: freshsales

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba Freshsales sebagai alternatif Zoho. Beberapa fitur Zoho yang cukup mirip dengan Zoho adalah contact management, lead scoring, dan sales pipeline management. 

Selain itu, Freshsales juga applicable untuk integrasi dengan aplikasi bisnis populer seperti Google Workspace, Microsoft 365, dan Slack. Dari segi pricing, Zoho dan Freshsales juga sama-sama fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget.

15. Lark

alternative zoho: lark

Terakhir, Anda juga dapat menggunakan Lark sebagai alternatif Zoho. Lark adalah software unified yang menawarkan fitur task/project management dan komunikasi di satu tempat. 

Tidak hanya itu, Lark juga menawarkan fitur terjemahan otomatis multi bahasa dan transkripsi AI serta manajemen OKR, yang mana fitur ini tidak dimiliki Zoho. 

Itulah beberapa rekomendasi Zoho CRM alternative yang bisa Anda pertimbangkan. Adapun jika pilihan di atas masih kurang pas (misalnya dari segi budget), Anda juga bisa mencoba Zoho alternatives open source. 

Tapi, perlu diingat bahwa meskipun lebih murah dari segi budget, tapi Zoho alternative open source juga memiliki beberapa kekurangan misalnya pada aspek keamanan dan dukungan teknis. Jadi, pertimbangkan secara matang sebelum memilih solusi ini untuk bisnis Anda. Selamat mencoba!

Tingkatkan Efisiensi Tim Sales Anda dengan Pipeline IDB2B CRM!

Sudah saatnya tim sales Anda fokus pada leads berkualitas dan meningkatkan konversi penjualan. Pipeline IDB2B CRM menawarkan solusi lengkap untuk kebutuhan CRM dan manajemen leads bisnis Anda:

  • Database Kontak Perusahaan di Indonesia: Akses ribuan kontak potensial dari berbagai industri
  • Lead Management Platform: Kelola prospek dengan efisien dalam satu sistem terintegrasi
  • Laporan & Analisis Otomatis: Pantau performa tim sales dengan mudah

Mulai dari Rp 5.500.000/bulan untuk 10 pengguna!

📞 Hubungi kami via WhatsApp atau Jadwalkan Demo Gratis sekarang dan lihat bagaimana Pipeline IDB2B CRM dapat mentransformasi proses penjualan bisnis Anda!

Promo khusus: Harga spesial hanya untuk 10 perusahaan pertama!

Image

Rista Fathika

Copywriter

Artikel Serupa

Kategori

Jadwalkan Demo atau Meeting

Lihat langsung bagaimana layanan B2B database customer kami meningkatkan efektivitas tim sales Anda. Jadwalkan demo atau meeting sekarang untuk solusi yang tepat bagi bisnis Anda!

Image

PT Pipeline Marketing Teknologi

Centennial Tower 29th Fl. Unit D-F, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 24-25, Jakarta 12930

cloud@pipeline.co.id

+6221 8060 0638

IDB2B adalah platform database kontak perusahaan Indonesia dan lead management dari Pipeline yang dapat membantu meningkatkan penjualan dengan data leads berkualitas dan fitur manajemen lead yang terintegrasi.

ImageImageImageImage

Copyright © IDB2B 2024. All Rights Reserved.